Sunday, December 15, 2013

from bandung to jogja

hai, 
first post in December isn't it? miss me? hahaha, i don't think so 

jadi ceritanya baru pulang dari jogja nih, liburan singkat berkualitas sama Rantai Emas yang alhamdulillah akhirnya jadi juga. hahaha 

berangkat dari bogor jam 5 pagi dan meninggalkan beberapa orang termasuk pj bis yang udah jam 5 lewat belum menampakkan tanda tanda kehidupan. dapet bis 4, yang sangat rame dan wacana karena foto bis ga jadi jadi. duduk di sebelah dina, dan dikelilingi oleh aghy, raras, nunu, puspijang, dan iska makhluk makhluk gosip tidak bertanggung jawab. 

kerjaan selama di bis? tidur, gosip, makan, nonton film, tidur lagi, gosip lagi, makan lagi, karaoke, ditonton film. yaa, paling banyak tidur sih. untung karena udah sering mudik pake mobil dan udah pernah nyasar sendirian dari solo ke cibitung naik bis jadi efek mabok darat ga begitu kerasa. ditawarin antimo berkali kali, dan menolak juga berkali kali karena sekalinya minum antimo pasti langsung tepar sepanjang jalan dan ga bangun bangun. kan sayang? iya ga? 

pertama tama, transit di ITB yang di Jatinangor. padahal pengennya ke kampus yang di bandungnya, yaudahlah gapapa. disambut dengan cukup ramah. ternyata ya, masih sepi. di sekelilingnya cuma ada tanah, gedung, jemuran, jemuran lagi, semak semak, jemuran lagi. setelah wejangan wejangan dari bapak bapak itb, jadi pengen masuk itb. tapi cuma ya gitu, takut ga kuat. pasti orang orang disana semacam anak olimpiade, atau engga megang ranking di sekolahnya lah. ya, beberapa sangat cocok buat lu, beberapa tidak, dan beberapa lagi harus cari tau sendiri itu cocok atau engga. untuk sekarang, pandangan gue terhadap itb adalah yang kedua, tidak. mungkin bisa jadi yang ketiga. mungkin. 

terus abis itu nyebrang ke UNPAD, kampus ayah ibu gue. waktu itu udah pernah kesini juga sih naik mobil pribadi. diceritain sejarah sejarahnya sama ayah ibu gue. sampe ke tempat fotokopian segala. walaupun udah keliling keliling pribadi tapi gue ga masuk ke dalem gedung fakultasnya. nah, di unpad ini agak berbeda sama itb soalnya ada kunjung fakultas. untuk kunjung fakultas, gue ngambil kedokteran karena mager ganti bis penasaran kayak apa kedokteran itu.
at FK UNPAD


disana nemu ljk ujian kedokteran unpad. 200 soal multiple choices. ya gapapa sekali ujian gue harus ngerjain 200 soal :') sebenernya sambutannya agak galak sih dan bikin agak bete gitu. cuma berhubung gue boleh masuk lab anatomi -maaf ga ada fotonya, ga boleh foto foto disana- jadi seru. disana liat, yaaa, gitu deh. seperti yang sepupu gue ceritain dia suruh ngapain dan melihat apa aja di lab anatomi. dan lu pasti bisa nebak apapun itu yang berhubungan dengan mahasiswa kedokteran. pas masuk gue langsung keinget sama agni, sayang banget dia ke fakultas ilmu budaya -yang katanya dikasih makan disana-. pasti kalo dia disini dia pasti langsung saiko melihat bagian bagian tubuh.

with peti and fira
dear agni, you should regret for not choosing FK to be visited

daaan dari unpad langsung cabut ke jogja. sepanjang jalan nonton White House Down yang ternyata keren banget. sayangnya pas udah mau nyampe akhir dvdnya rusak. mungkin karena bajakan. setelah makan malam dll gue langsung tidur aja, yang bikin leher gue sakit karena miring miring gitu tidurnya. soal kontrol muka, gausah ditanya muka gue kayak apa pas tidur. tidak baik bahas muka, tidak bagus. nyampe di jogja sekitar jam 3an, abis itu langsung ke hotel naroh koper dsb. dan ini dia, satu kamar dengan aldel. kimey, fani, dina, dan mila. kamar gue bisa dibilang ............. cacat. remote tv gabisa dipake, telepon dengan kabel yang copot copot, pemanas air yang nyala semaunya, dan orang orang yang sebagian besar juga ............ "cacat"? dapet teror telepon dari seseorang sok horor yang kronologisnya kayak gini: 

 (telepon bunyi)
tania: (mengangkat telepon) halo, halo, kok ga ada yang ngomong sih?! halo? haloo! 
(tania menjauh dari telepon, tania baru sadar kalo kabel telepon copot, tania meminta mila memasang kabel telepon) 
tania: halo? halo? tadi kabelnya copot hehe. halo? halo? 
di seberang telepon: hhhhhhhhhhh hhhhhhaaaaaaalllllooooooooo *sok horor* 
tania: halo? ih ini siapa sih? 
di seberang telepon: hhhhhhhhhhh hhhhhhaaaaaaalllllooooooooo *masih sok horor*
tania: ih saiko ah (menutup telepon) 

di jogja pertamanya ke ugm dulu. gue milih psikologi aja supaya bisah kasih info ke nensi *hai nensi!*
at psikologi UGM. we need some treats 
di psikologi, gue diterangin sebenernya belajar apa aja di psikologi. keren sih jadi bisa analisis orang gitu. membaca orang layaknya buku. keren sih. pengen bisa psikologi tapi gamau jadiin itu yang utama. ya, intinya pokoknya gue harus bisa psikologi walaupun ga kuliah di jurusan psikologi. ke fakultas ini bareng agni, dan kita mimpi buat bikin novel, buat menulis.kolaborasi yuk peb, tapi gue gamau novel saiko ya. hahaha. doain ya, semoga pas kuliah nanti gue bisa nerbitin buku hehe. aamiin

terus kita ke prambanan

selalu ada sesi foto aneh sama muka fenomenal
malemnya ada malam keakraban buat rantai emas. dan kembali mencoba mengenal mereka lagi. ada cheesy moment gitu buat desember squad. semoga ada lagi ya buat mei squad hahaha
makrab RE

besoknya itu ke pantai. nah disini ini. dikubur di pasir pantai oleh mereka mereka yang untungnya masih bertanggung jawab. entah kenapa kalo di pantai gue bisa mikir banyak hal tanpa ada tekanan apapun. maksudnya gue bisa berpikir jernih disini. mikirin semuanya. masa depan, masa lalu, berdamai, memaafkan, bermimpi, bercita cita, beresolusi. seneng aja cuma diem di pinggiran, lemparin batu batu ke tengah laut. menggalau? engga, cuma berpikir. panas sih, pulang dari sana kulit gue kebakar.

gangguin ojan yang niat bikin istana pasir
but it is still worth.
 
selesai dari pantai langsung cabut ke malioboro. disana hujan tapi gue tetap mengenal sudut sudutnya. gue suka suasana kayak gini. rasanya kayak, pulang? bukan juga sih. cuma gue kangen dengan tingkah orang orang jawa yang seringkali gue yang harus banyak belajar banyak dari mereka. tentang filosofi hidup dan tentang teori "sesederhana itu". oh ya, gue juga kangen tere liye hahaha tiba tiba. 

di malioboro bukannya belanja gue malah shortmeet gitu sama kang novan. kangen. banget. sekarang dia kurus. banget. mungkin karena mahasiswa mungkin. dia sampe nunggu berjam jam gitu buat ketemu kita. untung ga lumutan. terus bukannya ditraktir makanan jogja malah ke McD. gapapalah yang penting ditraktir. cerita banyak. lebih banyak ketawa. ngetawain agni lebih spesifiknya. dan ga kerasa udah harus pulang ke bogor. padahal masih pengen cerita banyak. yaudahlah yang penting udah ketemu. abis itu malah meng alay di toilet malioboro dengan ngeringin sweater di pengering tangan deket wastafel. 


tetap meng-alay dimana mana

2 jam paling ga bermutu dan paling ga mau selesai di malioboro.
 
dan akhirnya sudah harus pulang ke Bogor. squad bis 4 berkurang 2, Affan katanya ke Surabaya -atau Madura?- sama Ijul yang mau naik ke Mahameru. suatu saat gue nyusul ke puncak. dan kita harus sama sama berjuang buat kuliah. Semangat. buat semuanya yang sedang berusaha mencoba mengaduk langit dengan doa dan menyampaikannya ke hadapan Allah.

Semangat. Semangat. 

jadi, mungkin segitu ceritanya. maaf kalo ga mutu. intinya adalah gue suka berjalan dan bergerak, gue suka melihat apa yang ada di bagian bumi lain. dan gue akan pergi melihat Aurora Borealis. suatu saat nanti yang gue tulis di blog ini adalah perjalanan gue untuk melihat Aurora Borealis dan betapa indahnya ciptaan-Nya. 

aamiin.


terima kasih, Uncle yang mau direpotin dengan kata kata pengen ss (ss=buang air kecil)


terima kasih, Rantai Emas 

selamat dan semangat mengejar mimpi lagi


Thursday, November 14, 2013

mengapung

ada yang cuma mengapung
di tengah tengah antara air dan udara
diam kemudian mengikuti arus kemana akan membawa

ada yang memilih berenang
melawan tekanan hidrostatis yang memaksanya untuk kembali hanya mengapung
melawan arus ataupun mengikuti arus
akan tetap disebut berenang kan?

ada yang memilih untuk terbang
keluar dari air dan melawan gaya gravitasi
menolak haknya untuk berada di air dan meminta haknya untuk berada di udara
melompat sekuat tenaga hanya untuk melihat
seperti apa keadaan di luar air?
kemudian mungkin memutuskan untuk tinggal di luar air



ada beberapa yang merasa
jika semakin dibebaskan maka akan terasa semakin terkekang

ada beberapa yang merasa
harus lebih bertanggung jawab saat diberi kebebasan


ada beberapa yang cuma mau mengalir saja
mengapung mengikuti arusnya

apa mereka lupa kalau air itu mengalir ke bawah? 

ternyata sulit untuk hanya berpikir menjadi besar
padahal cuma berpikir, berandai andai, bercita cita

kalau berpikir aja gabisa, bermimpi aja ga berani, bagaimana bisa benar benar menjadi besar?





dan masih saja mengapung





yang sudah terlalu lama mengapung

Friday, October 18, 2013

tadi niatnya mau ke 4 tapi ga jadi. 

maaf ya dhika, tita. kangen kalian kok beneran. 

mau nanya sama diri sendiri. 

kenapa ga mau berlari?

kenapa ga mau mengejar?

apa sudah terlalu lelah?

memang sudah berbuat apa? 

padahal belum ada 

berlebihan kan? 

tapi apa yang salah dengan diam?
apa yang salah dengan muak?

maaf masih belum bisa ikhlas 

maaf masih mempunyai batas 

maaf masih belum bisa mengerti kalian yang sudah berlari jauh
_____________________________

    ga ada yang sepele, yang ada menganggap sepele  
_____________________________
mungkin memang belum bisa jadi contoh yang baik

buat ade sendiri 

buat kalian, yang sering gue bilang gagal 

maaf, gue yang gagal

gue yang gabisa jadi contoh buat kalian 

gue yang gabisa transfer ilmu gue buat kalian

gue yang gabisa merangkul dan mengayomi kalian 

maaf kalau gue cuma bicara disana, tanpa mendampingi kalian harus bagaimana 

maaf kalau tidak bisa melihat usaha yang telah kalian berikan 

maaf kalau menutup mata buat kalian 

bahkan gue baru sadar, kalo semua tentang kalian akan saya pertanggungjawabkan pada saatnya nanti

maaf, 

terutama buat yang satu itu 

mungkin saya terlalu menjudge 

maaf kalau tidak pernah membantu 

maaf kalau hanya menambah beban, tidak membantu untuk menanggung beban 

maaf kalau terkesan terlalu ikut campur (atau malah tidak peduli) 

setelah amanah yang ini saya harap kamu tidak meninggalkan

saya cuma mau kamu mengerti kalau diatas belum tentu paling baik 

maaf kalau membebani terlalu banyak 
maaf kalau meminta terlalu banyak 

_____________________________

yang tadinya wacana 

kemudian jadi rencana

dan hari ini kembali jadi wacana 
____________________________

makasih buat orang-orang di koridor yang mau mendengar dan jadi tempat sampah 

   makasih buat waktu tidak produktif selama satu tahun ke belakang (gor yasmin, altar, kfc dan kumpul informal)   
   ____________________________
 









Tuesday, October 15, 2013

sepi banget deh. beneran.

mulai bosan dengan rutinitas bangun jam 4-nyalain mesin cuci-sekolah-pulang sekolah-les-pulang ke rumah-tidur

kira kira 14 hari lagi baru pada pulang

bener ternyata, baru tau berharga kalau udah ga ada

beda 4 zona waktu, beribu ribu kilometer

jarang ada kabar

cepat pulang

cepat masak di rumah

cepat jemput dari tempat les

cepat kuras kolam ikan

cepat kentut di rumah

cepat marahin gara gara susah bangun

cepat ada 

cepat pulang

Friday, September 27, 2013

seberapa jauh pun berlari, pada waktunya kamu bakal kembali ke titik dimana kamu belum harus lari tapi kamu malah melarikan diri

Monday, September 16, 2013

mengenal dan mengingat (lagi)

dua hari ini amazing banget.

akhirnya bisa lemparin theo pake sepatu pdh karena suaranya yang over-cempreng-annoying itu (sebenernya mulvi yang ngelempar pdh, gue cuma berperan sebagai distributor). dan SANGAT PUAS!

akhirnya bisa lihat yasin yang sesungguhnya. yang freak, saiko, serius pada saatnya. pinter sekaligus bolot pada saat yang bersamaan. yang ngajakin nonton "Now You See Me" pas harusnya kita semua tidur. agak sok ganteng kayak gema. melankolis. ternyata dia ga se-"seram" yang gue kira.

akhirnya bisa lihat gema yang, em, biasa aja sih. maksudnya dia tetap kabid yang aneh, ga ngerti, kadang over-reacts alias lebay. kepedean. sok ganteng. sok bersuara bagus. maho. kadang asal, kadang esensial. hobi liatin cewek korea -atau thailand- yang cover lagu PSY. ketawa ga kontrol. aneh.

akhirnya bisa liat agni, versi bos. yang sama cangaknya kayak jadi jongos. tetap cangak. tetap ga kobe. tapi kalo lu bisa lihat dalem pikirannya, dia saiko. sangat saiko. pemikir kehidupan sejati, makanya jadi saiko. baik, humoris, aneh. ga semua orang bisa ngerti agni sih.dan gue beruntung, jadi salah satu orang yang akhirnya kadang kadang bisa mengerti omongan dan humor dia :')

theo tetap annoying. suara cempreng. ber"enyis-enyis" pas gue mau tidur. cukup menjelaskan kan?

akhirnya bisa liat dinna yang rempong nyariin nasi buat rambu. akhirnya dikasih nasi KFC yang harganya GOCENG. akhirnya bisa liat dinna yang menjongos, dengan segala bantuan dari Yang Maha Kuasa, dan jangan lupakan BI UCUM. artis kita semua. gue sangat merekomendasikan bi ucum untuk jadi GUEST STAR SMANSA DAY 2014! kalo ketawa bahunya bergoyang. pedangdut sejati.

akhirnya bisa liat mulvi yang ternyata nafsu makannya kayak ulat. makan bobo makan bobo. naik 7 kilogram secara drastis terus jaga barak bareng gue dan agni sambil pake baju u-can-see-my-ketek. tapi gue ketiduran, terus dia bangunin gue. tapi gue ga bangun bangun karena kebo. ternyata mulvi galak. aw.

akhirnya bisa liat amri jadi bos. akhirnya bisa liat amri yang humoris. sumpah ternyata dia sangat freak, humoris gitu. ngajakinnya nonton stand up comedy di youtube. memanfaatkan wifi sekolah dengan baik. amri, comedian yang saiko.

akhirnya bisa liat eka, veteran rempong. udah nenek nenek, rempong pula. suka tiba tiba heboh sendiri. tapi lemot tak terkira jadi sering dibully. gajelas, tapi ternyata, banyak cerita, yang lu ga pernah tau mungkin. sayang deh sama veteran yang satu ini. *mulai cheesy*
NENSI. akhirnya bisa liat nensi rempong dengan acara. heboh. mencoba bantuin nensi. kemaren dia yang paling riweuh dari semuanya. lari sana lari sini. mudah mudahan ada hikmahnya ya nen, jadi kurus misalnya

akhirnya bisa liat XXV yang sebenarnya, masih pasif sih cuma ya akhirnya terlihat potensi. gue seneng liat kalian pas latihan baris tadi pagi. kalian bahagia, ikhlas, gue tau. gue seneng kalian bahagia. semoga dalam regenerasi ini kalian bisa menikmatinya, mengambil maknanya, merasakan setiap tetes esensinya. merasakan setiap usaha yang kalian lakukan, baiknya buruknya. semoga cerita yang tadi pagi kalian ceritain sama gue bakal bertambah. memori memori, kenangan, ga akan pernah hilang.
 
akhirnya paham akan arti "KELUARGA" di sini
 keluarga ini memang heterogen. beragam. memahami satu sama lain. mengerti. menerima. terserah orang mau bilang apa. terserah mereka mau memandang kita apa. terserah. peduli apa. mereka ga pernah merasakan namanya usaha mati matian, yang namanya ambisi. yang namanya obsesi sama depresi di saat yang bersamaan, yang namanya bermimpi 180 derajat dengan realita yang ada.

dua kali gue kayak gini. di smp dan di sma. engga, gue ga pernah nyesel kenal sama kalian. gue ga pernah nyesel dimarahin bareng kalian. gue ga pernah nyesel sakit bareng kalian. bau bauan, item, gosong, diejekin, berdarah, marah akan semuanya yang bersikap sok paling tahu dengan "keluarga" gue. gapapa. gue ikhlas. mungkin itu salah satu caranya untuk bertemu orang orang hebat seberti kalian.

saza, dhika, tita, vista, intan, guna, rakai, rara, angel, ligar, manik, ryun, maman, arin, aris semuanya yang dulu di SMP satu perjuangan. ijit ijitan. pundung pundungan. toh akhirnya itu semua yang nyatuin kita kan? itu ombak kita, yang harus dihadapi kan? kita nakhodanya, kita yang pegang kendalinya.

agni, afu, theo, gema, yasin, fauzan (lagi), dinna, eka, amri, mulvi, dinda, andi, adhit, dan lain lain. yang sekarang lagi berjuang buat memberikan hadiah terbaik untuk smansa. yang kalo kata gue lebih dari sekedar piala, lebih dari sekedar titel juara. yaitu generasi baru smansa. yang punya visi, yang punya misi. yang siap bawa jatayu terbang lebih tinggi. dan tidak jatuh lagi.

hai XXIV, satu kata yang menggambarkan kita adalah REVOLUSIONER. sepakat kan?  agen agen perubah nasib, ga cuma menunggu, tapi membuat.

hai XXV. calon pengurus baru. tetap yakinkan kami. satu kata yang kalian yakini AKAN menggambarkan kepengurusan kalian adalah,

JUARA

tolong, tetap jadi juara dimana mana.

"juara bukan cuma sekedar pulang bawa piala. juara punya usaha yang patut ia banggakan saat menerima hasilnya. juara tetap menatap bangga ketika ia belum mendapatkan hasil yang diinginkannya. cuma masalah waktu buat sang juara, mendapatkan apa yang diinginkannya. karena dia punya usahanya, dia punya prosesnya, dia punya doanya, satu yang ga dia punya adalah hasilnya. lagi lagi cuma masalah waktu ketika Allah akan memberikan haknya."- 05.003-05.004

 semoga bisa tercapai. semoga bisa terus berusaha sampai tercapai. aamiin. 

*maaf ga ada gambarnya, susah upload -____-"

Sunday, August 18, 2013

2012

ga terasa udah setahun lebih ya
setahun yang lalu tanggal segini gue baru pulang training center terus langsung berangkat mudik
 
setahun yang lalu tanggal 16 Agustus 2012 gue yang mencium bendera merah putih itu, kaki gue yang kram gemeteran gara gara lama banget nungguin pengukuhan mulai

setahun yang lalu tanggal 17 Agustus 2012 pagi, gue yang deg degan akan seperti apa penerimaan nanti?
akan seperti apa pengibaran nanti? akan seperti apa penurunan nanti? gue yang cuma bisa diem sampe sakit perut gara gara deg degan. nanti kalo tiba tiba pingsan gimana? kalo hormatnya telat gimana? kalo benderanya amit amit terbalik atau kupu kupu atau jatoh ke tanah gimana? gue yang takut setengah mati. gue yang cuma bisa pegangan tangan sama orang orang di sekitar gue. saling meyakinkan kalau semuanya akan berjalan lancar seperti yang kita harapkan

dan sekarang waktunya sudah habis

dulu gue yang di lapangan sempur itu. dulu gue yang latihan naik tangga, buka formasi, tutup formasi. dulu gue yang menyuruh pengibar di depan gue buat ga mangap mangap cari oksigen, buat lehernya ditarik ke belakang, buat buka bahunya, tahan tangannya, ngasih tahu kalo dia lurus atau engga sama depannya. dulu gue yang mau penurunan deg degan liat benderanya ditiup angin, berkibar, bagus tapi sulit untuk ditangkap. cemas setengah mati. dulu gue yang setiap latihan mijitin tangan baki yang ngangkat sekardus air mineral gelas isi batu. meyakinkan bahwa kita bisa kalo bareng bareng.

dan sekarang lagi lagi, waktu kami sudah habis

sekarang waktu pengukuhan kami cuma bisa berdiri di belakang, disoroti lampu melihat adik adik kami mencium sang merah putih, menyerap segala filosofinya dan menyadari lagi lagi waktu kami sudah habis.

waktu pengibaran kami cuma bisa mengantar sang merah putih, bukan mengibarkannya. lagi lagi, waktu kami habis. langkah tegap terakhir, hormat terakhir, pdu terakhir. ya, time is yours 2013.

waktu penurunan kami hanya bisa berdiri di tengah hujan untuk melihat kalian. dan lagi lagi tidak ada yang bisa kami lakukan di lapangan sana. waktu kami habis. kami percaya kalian bisa. dan kalian membuktikannya.

sesal gue adalah kinerja gue belum maksimal buat ngelatih kalian, angkatan baru 2013. maaf kalo gue gabisa mendampingi kalian secara rutin di hari hari yang bakal kalian kenal seumur hidup kalian.

mau minta maaf kalo selama ini gabut. masalah kita emang banyak kan selama masa bakti. tapi kita buktiin kan kalo kita bisa ngelewatinnya?

ya, gue tau gue bukan siapa siapa yang gue tau adalah gue sayang kalian 2012, 2013.
and here are our moments ...


PASKIBRAKA 2012
pasukan bima 2012
latihan HARDIKNAS

sadewa versi capaska
bima versi capaska
nakula versi capaska

jawa barat versi capaska

pengukuhan 2012


waktu masih capaska 2012
penerimaan 2012
pengibaran 2012
penurunan 2012   

Saturday, July 27, 2013

new perspective

waktu hari apa gitu, panitia takbir mendatangkan tere liye ke sekolah gue. dan wow. dia sangat jauh dari bayangan gue. awal awal baca bukunya gue kira dia cewek. pas buka halaman terakhir ternyata ada kayak darwis.blablabla yang bikin gue sadar kalo ternyata dia cowok. terus gue kira dia semacam bapak bapak berpostur kayak semacam andrea hirata tapi ternyata malah atletis banget, sebenernya ga atletis sih cuma kurus gitu kayak anak pecinta alam. kayak jokowi sih sebenernya.

dateng dateng ngasih materi pake celana jeans, kaos, sama kupluk. beneran pake kupluk looh. ternyata pembawaannya santai banget, kalo lu liat sekilas mungkin keliatan kayak bukan penulis tapi aktivis aktivis yang sering naik gunung. wait, aktivis? naik gunung? pokoknya gitu deh. ga kebayang kalo dia itu tere-liye yang gue cari cari di gugel selama ini *halah*

yang bikin terkesan adalah pehamannya dan sudut pandangnya tentang hidup yang ternyata di mata beliau cuma "sesederhana itu". yang di mata gue sehari hari ruwet banget ternyata cuma sesederhana itu. yang mikirnya lu ga pernah bisa berguna jadi semua orang spesial, semua orang berpengaruh, semua orang saling mempengaruhi. dari cara dia bercerita kalo si pohon kelapa yang ga pernah kemana-mana ternyata yang paling memberikan manfaat. ya, dia spesial karena dia sederhana. keren.

gue suka semua bukunya. ya kalo gue punya kakak kayak semacam tere liye -ini salah banget, punya kakak aja engga- bakalan gue suruh cerita setiap malam sebelum tidur. kalo gitu pasti gue punya pemahaman baru setiap hari dan gue bakal bangga banget sama dia. hohoho

yang jelas, dia bikin gue mikir, kalo gue suka nulis, gue suka fotografi, it doesn't mean i have to be someone who has a job on it. dia yang bikin gue percaya, kalaupun gue gabisa kuliah di komunikasi atau HI, gue tetep bisa nulis, tetep bisa megang kamera, tetep ngejar momen momen yang ada, tetep bisa keliling dunia, tetep bisa ke swedia buat liat aurora borealis. dan tere liye seorang akuntan yang suka nulis. hehe

yaa, it means i'm an open minded now. gue berusaha terbuka dengan segala pilihan. gue mencoba suka dengan apa yang gue benci. fisika, kimia, mate, bakat ga berguna kalo lu gamau menggunakannya kan? coba bahagiain orang tua, nyoba lirik teknik. hah, teknik. please welcome, teknik.

ini juga garagara mahasiswa UI yang waktu itu dateng ke smansa. pake bilang kalo teknik industri sedikit fisika, ga ada kimia, sedikit biologi. bodohnya gue percaya. sebenernya gue gatau harus percaya atau engga. tapi gue malah percaya. menelan semua pernyataannya bulat bulat. membulatkan tekad. gatau yang diomongin sebenernya bener atau engga.

so, FTI UI. hope i can reach you. it seems unreachable but what you'll never know is future. ya, makasih buat bu dokter yang satu itu. yang mengingatkan kalo gue selalu punya tempat buat berdoa. makasih buat teh zahra yang bilang kalo yang Allah paling gamau lakukan adalah mengingkari janjiNya, makasih buat bang;tere yang udah nulis buku bukunya yang memberikan pemahaman baru yang ternyata hidup cuma sesederhana itu, dan pemahaman pemahaman lainnya. makasih buat semuanya lah.

terakhir mau cerita, kalo gue pernah nonton cerita tentang seorang maling. lu bayangin kerjaan dia nyopet. hina banget kan. tapi dia bisa ngasih satu quotes yang ga akan pernah gue lupa.

"arah mata angin ga cuma ada delapan. mungkin kita taunya cuma delapan tapi Allah punya arah yang tak terbatas. kita cuma gatau pertolonganNya datang dari arah yang mana"
 
segitu dia maling. gue saranin dia jadi mario teguh aja.

biar ga sampis, gue kasih quotes quotes bang tere yaa hehe
tiba tiba ada jokowi -__-
 



Allah itu adil


haha. dalam. haha.

tere liye

Thursday, July 18, 2013

punya (rencana) cita cita (akhirnya)

PTN?

beasiswa.

dimana?

terserah, rahmat Allah selalu tersebar di bumi-Nya kan?

usahanya mana?

iya, ini yang sangat harus ditingkatkan. kamu pernah bisa tan. sekarang juga harus bisa.

jurusan apa?

enviromental engineering. public relation. communication. international relations.





ini bukan final statement.
ini cita cita.

akhirnya tania punya cita-cita.
doain ya.

"kalau kamu sudah berusaha, ini masalah waktu. kapan Allah akan membalas kamu. Dia Maha Tahu tan, tahu seberapa besar usaha kamu dari seluruh kemampuan yang kamu punya" - yang percaya kamu bisa

Friday, July 5, 2013

sekolah dasar

well, hey

gue baru pulang kemah dari sukamantri dan kulit muka gue langsung mengelupas. yak, mengelupas. gatau kenapa.  rasanya gatal dan perih, seperih hatiku (?)

sebenernya ini lebay loh. beneran deh. biasanya gue dijemur udah kayak ikan asin digaremin terus diujan ujanin udah kayak apaan tau tapi kulit gue tetap bertahan karena ia setebal dan sekuat badak. ga ada acara ngelupas ngelupas merah merah fragile kayak gini.

mungkin gue sudah berubah. mungkin kulit gue sudah lelah. dia pengen pensiun dari zaman jahiliyah seperti itu. dia capek, ga pernah dimanjain. ya gue emang ga pernah pergi cuma buat facial dan semacam itu. paling keren juga cuma maskeran. itu juga harus dikejar kejar pake sapu sama mama karena ga kuat ngeliat anak ceweknya mukanya terlalu lama gelap seperti ini. sekarang kulit gue kalo dikasih make up yang mereknya cina cina langsung bentol bentol. merah, perih ga karuan. kalo dipanasin sedikit langsung gatel, ngelupas, heboh deh. lebay banget.

walaupun udah dimanjain begitu sekarang kulit gue tetap hitam. entah sampai kapan. entah kapan masa kegelapan itu akan hilang. yang jelas gue dan agni sudah berjanji kalo kuliah nanti gue akan jadi cantik. entah cantik dalam gelap atau cantik dalam terang. taunya nanti gue ikut pecinta alam. yah gagal deh. zaman jahiliyah lagi deh. haha

banyak yang liat foto gue pas bayi bterus bilang,

tan, ini beneran lu? seriusan? kok putih? kok lucu? kok ga kayak sekarang?

ini gue, waktu kecil. kayak anak kecil
ini gue, waktu kecil. kayak anak cina

ya, gue memang sudah betransformasi. berevolusi. bermutasi. gue kena radiasi nuklir tingkat akut. ga lah. gue putih dan gemuk dan sipit seperti anak cina sampai akhirnya gue masuk tk. gue berubah jadi hitam dan kurus dan sipit kayak anak jawa cina gagal. terus masa masa sd gue masih normal. ga ada yang namanya zaman jahiliyah. gue berteman dengan siapa saja. dikepang dua. dikuncir dua. rambut gue dimacem macemin. dikuncir delapan kayak ubur ubur. yaah normalnya anak sd laah

oh iya, waktu sd gue pernah sesak nafas gitu kan. nah disitu gue gatau kalo gue memiliki satu penyakit gembel yang dinamakan asma. ya, gue megap megap kayak ikan di darat, rasanya kayak nyawa lu mau diambil terus dibalikin lagi. galau. terus karena keadaan gue yang tidak membaik maka orang tua gue memutuskan untuk membawa gue ke dokter yang juga tetangga gue. dan dokter itu bilang apa? GUE KENA FLU BURUNG! yang gue rasain cuma panik. iyalah, gue udah ngitungin amal perbuatan gue, masuk surga atau engga, sama hafalin kalimat syahadat buat sakaratul mau nanti. orang tua gue juga panik tapi mereka ga mau nyerah dengan memanggil ambulance dan membawa gue ke rumah sakit. mereka malah membawa gue ke dokter langganan gue yang udah mau tutup tapi dengan baik hatinya masih mau nolongin gue yang megap megap. akhirnya gue cuma divonis ASMA. BUKAN FLU BURUNG. sampe sekarang tetangga gue itu masih buka praktek dan ibu gue masih ijid dan ga percaya sama izin praktek tetangga gue itu. biar kebayang, ini ilustrasinya;

mama: dok, anak saya kenapa?
gue: *ngiiiiik, huffffff   ngiiiiiik, huffffffff* *megap megap*
dokter1:kayaknya anak ibu kena flu burung 
gue: *nangis sambil megap megap* *makin gabisa napas* 
mama: terus gimana dok?
dokter1: dibawa ke rumah sakit aja bu, langsung aja. kritis soalnya 
gue: *ngitungin amal perbuatan* *ngafalin kalimat syahadat* 
mama: oke, makasih dok 

karena ga percaya, gue dibawa ke dokter yang lain 

dokter2: tania susah ya nafasnya? sakitnya di dada atau di leher?
gue: hhhseeehhhmuanyhaaa hiks hiks ngiiiiik hufffff 
mama: beneran flu burung dok?
dokter2: tania punya riwayat asma?
mama: engga. tapi sepupunya ada 
dokter2: *setelah pemeriksaan* oooh, ini cuma asma biasa. pake oksigen dulu ya sayang *dokternya cewek* 
gue: *tenang seketika* *ngucapin alhamdulillah sebanyak banyaknya*

ya itu cerita gue. nyata beneran. makanya sekarang gue agak ga percaya sama dokter soalnya pernah salah diagnosis gitu. gue juga ga berniat jadi dokter karena takut salah diagnosis kayak tetangga gue itu. yang jelas dengan kejadian salah vonis kayak diatas dan dengan kenyataan bahwa gue pernah ngalamin susah banget napas gue mencoba buat ngehargain hidup lebih dari biasanya. bersyukur kalo udah dikasih bernapas dengan mudah soalnya gue udah ngerasain betapa susahnya nafas doang. bersyukur kalo gue sehat, ya seenggaknya gue ga kena kanker atau flu burung yang hidupnya bisa dibilang bakal dihitung.sekarang gue udah ga pernah asma lagi sih setahun ke belakang. terus gue jadi tau, asma tuh kenapa, dipicu apa aja, obatnya gimana, treatmentnya harus kayak apa. lebay sih. tapi seenggaknya gue bisa jadi dokter buat diri sendiri haha.

jadi melankolis gini. random lagi kan gue -_- seenggaknya gue sudah berhasil menceritakan zaman zaman sd yang kelam. karena udah kepanjangan, masa masa jahiliyah mungkin akan gue ceritakan di post selanjutnya. maaf kalo menggurui dan lebay. ciao!