Saturday, May 23, 2015

KKL

hai

malam minggu, tadi dikirimin stiker hai pocong sama papa. papa beneran. gatau apa motivasinya cuma lucu aja hehe 

mau cerita jadi kemaren itu abis KKL, iya kuliah kerja lapangan. seru kan? seru dong. masa engga sih. yah walaupun kulit terbakar, bau ketek sana sini, ngantri mandi dari jam 3 pagi. makan nasi campur pasir, gapapa lah ya namanya juga lapangan kan 

perjalanan dimulai dari Fakultas yang hari itu hectic banget karena semua angkatan pergi lapangan. namanya bis dimana mana ya dimana mana. carrier aka tas gunung sana sini, orang-orang lari-lari bawa peralatan lapangan plus segepok checklist (atau lebih tepat jika disebut modul karena terlampau tebal). anak-anak Pembangunan Wilayah 2012 (atau 2013) bawanya koper karena urusan doi emang ngurusin mall dsb. jurusan gue sih ya tipikal anak alam jadi gimana ya, ga akan jauh jauh sama gunung, sawah, kalo engga pantai. yha gitu mau gimana lagi. 

foto before KKL sama geng cuba. kalo kalian bilang dua lelaki itu ganteng itu hanyalah tipu tipu belaka
KKL gimana rasanya? seru. seru abis kecuali part mandi karena airnya dikit parah padahal seharian gue berkelana di gumuk pasir ala ala musafir gurun gitu. walaupun pake kerudung tetep aja pasir ada yang masuk masuk gitu. rekor terhebat gue adalah mandi plus keramas hanya menggunakan setengah ember air tawar. hebat khaaaan. tiap hari dikasih makan udah kayak hewan ternak mau dipotong soalnya banyak banget. bangun jam 3, mandi, terus kedinginan jadinya di kamar ngumpul di pojokan pake sleeping bag sama mukena masing-masing biar hangat. kalo kata undang-undang sih kita sedang berkumpul, berserikat, dan mengeluarkan pendapat padahal aslinya mah udah kayak manusia kepompong lagi ngegosip wkwk. jadi kenal orang lain lebih deket sih, yang tadinya gue kira pendiem ternyata garing abis dan suka spongebob. ada cowok yang kalo ketawa ngakak pun mulutnya ditutupin, gue kalah jauh anggunnya dibanding doi. shifa temen sma gue aja kalah, gimana gue. 

tiap stopsite harus dikasih deskripsi, digambar pula. gue gabisa deskripsi, apalagi gambar. yaudah gapapa seadanya, untung dosen pembimbingnya pengertian. temen gue ada yang saking gabisa gambarnya, dia mau gambar saluran air malah dikira ular tangga sama dosen. kan sedih. gue harus naik gunung, masuk kandang sapi, wawancara yang punya sapi, wawancara sapinya (ga sih kalo yang ini), liatin formasi batuan. difoto, digambar, ditulis, terus sedetik kemudian gue lupa apa yang gue sudah lakukan. abis itu gue ke pantai. pengang pegang tanah sama pasir. bedain struktur dan tekstur keduanya, cari rip current, berenang kesana cuma buat memastikan kalo gelombang disana mematikan (ga gini sih), ngukur kecepatan angin, ngukur kecepatan gelombang, mereka reka gimana itu pantai bisa terbentuk.  ya pokoknya begitu berulang ulang. ribet tapi seru kok ehe. pernah ga kalian ngeliat dosen ngejelasin pake ngegambar gambar di pasir? nah dosen gue gitu kemaren. gambar gambar diagram di pasir. di gumuk pasir gue berasa di texas loh (padahal gue gatau texas kayak apa) ah pokoknya berasa sekolah alam banget lah seru wkwk

here are some pics!


kelompok C2 yeay!

pasir, pasir everywhere

which path will you follow?

checklistku sayang checklistku malang 
texas ala ala

harus wawancara di bawah tebing banget

yha gini kalo di lapangan 

wawancara hayati yang dihanyutkan di rawa rawa

sapi yang gue wawancara

view dari atas pokoknya keren bangetlah

closing smansaday di gunungapi purba. udah gunung api, purba pula.

biar ga sampis, ada satu kalimat yang gue ambil dari buku Geography of Bliss 

"Perjalanan itu bersifat pribadi.
Kalaupun aku berjalan bersamamu, 
perjalananku bukanlah perjalananmu"
-Paul Theroux


mari bersenang-senang sebentar sebelum responsi, laporan, dan ujian datang lagi. 
sampai bertemu di belahan bumi yang lain! 

No comments:

Post a Comment